Apakah Anda sudah mengenal knalpot original pada sepeda motor yang dimiliki di rumah? Bagian dari kendaraan yang berfungsi utama sebagai tempat pengeluaran gas pembakaran di dalam mesin motor. Dengan catatan, motornya masih menggunakan bahan bakar minyak, sehingga ada proses pembakaran di dalam mesinnya.

Berbeda dengan jenis motor listrik yang tidak memiliki knalpot karena memang tidak ada proses pembakaran di dalam mesinnya. Setiap jenis, macam, varian, dan merk motor biasanya memiliki bentuk knalpot berbeda. Tentu saja knalpotnya original produksi langsung dari pabrikannya.

mengenal knalpot original

Mengenal Knalpot Original Lebih Dekat

Sudah sedikit disinggung sebelumnya bahwa knalpot pada kendaraan bermotor berfungsi untuk mengeluarkan gas buang. Gas tersebut merupakan hasil pembakaran bahan bakar minyak di dalam mesin motor. Dengan begitu, motor menjadi bertenaga dan bisa berjalan untuk dikendarai di jalanan.

Fungsi knalpot lainnya, yaitu meredam suara bising pada mesin kendaraan motor saat hidup dan berjalan. Anda bisa membayangkan sendiri motor yang tidak berknalpot. Dipastikan suaranya bising, menggelegar, serta memekakkan telinga.

Oleh karenanya, setiap pabrikan sepeda motor mendesain dan menciptakan knalpot untuk jenis serta varian berbeda. Meskipun masih satu merk dan pabrikan, tetapi berbeda jenis serta tipe. Jika seperti itu, knalpotnya juga sangat mungkin berbeda.

Perbedaannya buka hanya untuk bentuk dan desainnya saja, tetapi juga fungsi serta standarisasinya. Dengan begitu, sepeda motornya bisa dikendarai lebih berperforma maksimal. Selain itu, penghematan bahan bakar juga dapat dilakukan lebih optimal.

Maka dari itu, Anda perlu mengenal knalpot original dari jenis kendaraan roda dua yang dimiliki masing-masing. Lebih baik merawat dan mempertahankan knalpotnya tersebut karena sudah sesuai dengan pabrikannya.

Merawat Knalpot Bawaan Pabrik

Bagian kendaraan yang berwujud panjang tersebut juga harus dirawat agar lebih tahan lama. apalagi knalpot sepeda motor yang lebih sering terpapar panas matahari serta guyuran hujan. Bahan logamnya tidak menutup kemungkinan berkarat hingga bisa berlubang di beberapa bagiannya.

Jika sudah bocor karena berlubang seperti itu, maka suaranya akan lebih keras dan bising. Selain itu, fungsinya sebagai tempat pembuangan gas kendaraan juga tidak optimal. Oleh karenanya, mengenal knalpot original juga perlu mengetahui cara merawatnya.

Silahkan membersihkan knalpotnya dengan menyiram air di bagian luarnya. Jika ada kotoran menempel, seperti debu, tanah, rembesan oli, atau yang lainnya, segera bersihkan agar tidak menjadi kerak. Sementara untuk bagian dalamnya, Anda bisa membersihkannya dengan sikat gigi bekas.

Bersihkan dan sikat bagian dalamnya dan jika perlu mengolesinya dengan pelumas secukupnya. Kondisi knalpot yang terawat akan menjadikannya lebih tahan lama dan terhindar dari karatan. Bahkan, sangat mungkin usia knalpotnya bisa bertahan belasan hingga puluhan tahun.

Bagaimana dengan informasi diatas? Anda sekalian yang memiliki sepeda motor jangan sampai melupakan bagian knalpotnya. Dengan mengenal knalpot original seperti itu, diharapkan kendaraannya secara keseluruhan lebih terawat.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *